" Selamat Datang di Mr HB Electronic service, mohon maaf jika komentar anda kurang mendapat tanggapan, karena sesuatu dan lain hal, kami tidak bisa online 24 jam. Terima kasih atas kunjungan nya " *** Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat. (HR. Ar-Rabii’) *** Manusia pada hakikatnya mati kecuali orang yang berilmu. Orang yang berilmu pada hakikatnya tidur kecuali yang mau mengamalkan ilmunya. Dan orang yang mengamalkan ilmunya banyak yang tertipu kecuali orang yang ikhlas ( Imam al Gazali) *** Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu lalu dirahasiakannya maka dia akan datang pada hari kiamat dengan kendali (di mulutnya) dari api neraka. (HR. Abu Dawud) *** Saling berlaku jujur lah dalam ilmu dan jangan saling merahasiakannya. Sesungguhnya berkhianat dalam ilmu pengetahuan lebih berat hukumannya dari pada berkhianat dalam harta. (HR. Abu Na’im) *** Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat. (HR. Al-Baihaqi) ***

Sunday, February 24, 2013

Bedah STAVOL MATSUNAGA

AC Automatic Voltage Regulator atau yang lebih dikenal dengan nama STAVOL, adalah sebuah peranti yang wajib dimiliki untuk mengatasi Tegangan listrik yang kurang stabil.

Dari sekian banyak Stavol yang beredar di pasaran, Merek Matsunaga lah yang paling banyak digunakan. Di samping  harganya yang cukup ter jangkau, kualitas nya pun tidak meragukan ( Penilaian Penulis ).


Dengan alasan inilah penulis tertarik untuk mengobrak-abrik isi dari benda yang berwarna Merah Putih ini. Dan inilah hasilnya.

1. Skema Tarfo Model Servo Motor Control ( SMC ) 9 Volt.






2. Skema Trafo Model Servo Motor Control ( SMC ) 12Volt.




3. Skema PCB Servo Motor Control  ( SMC ) 9 Volt.







4. Skema PCB Servo Motor Control ( SMC ) 12 Volt.








5. Perkabelan Trafo Model Servo Motor Control 9 Volt.





6. Perkabelan Trafo Servo Motor Control 12 Volt.


 




7. Posisi A, K1, dan K2.







8. Posisi  B   ( 220V OUT ).







9. Perbandingan ukuran Trafo model lama  ( SMC  9 Volt ) dengan model baru ( SMC 12 Volt ).





10. Posisi Motor pada Satvol model Lama.





11. Posisi Motor pada Stavol model Baru.




Cara menentukan Pin + ( Positif ) dan - ( Negatif ) pada Motor.

Lepaskan semua kabel yang menempel pada papan SMC. Beri tegangan DC antara 6 volt s/d 9 Volt  pada kabel motor. Perhatikan arah putaran A, pastikan arah nya ke kanan. Kalau arah nya terbalik, tukar polaritas tegangan pada kabel. Jika sudah yakin A berputar ke arah kanan, beri tanda pada kabel yang mendapat polaritas tegangan positif dan kabel yang mendapat tegangan negatif.

Umumnya Trafo Stavol Matsunaga melakukan penguatan tegangan ( Step Up ) ketika A berputar ke arah kiri dan berputar ke arah  kanan saat menurunkan tegangan ( Step Down ). Tapi pada pada tipe tertentu ada juga Trafo Stavol Matsunaga melakukan Step Up ke arah kanan dan Step Down ke arah kiri. Untuk itu dalam menentukan pin polaritas motor, pastikan A berputar ke arah kiri.

Cara menentukan Trafo Stavol Step Up  ke arah kiri atau ke arah kanan.

Pastikan semua kabel yang menempel pada papan SMC, sudah dilepas. Pasang steker Stavol pada colokan listrik, dan hidupkan Stavol. Dengan menggunakan sarung tangan karet, putar secara manual A ke kiri dan ke kanan sambil memperhatikan posisi jarum Volt meter Stavol. Jika jarum Volt meter menunjukkan adanya peningkatan tegangan ketika A diputar ke arah kanan , berarti Step up Trafo ke arah kanan. Sebaliknya kalau saat A diputar ke arah kiri, berarti Step Up Trafo Ke arah kiri.

Menentukan penempatan saklar K1 dan K2.

Saklar K1 dan K2 adalah pembatas gerakan A, dengan cara memutuskan sambungan  G atau D  ke W, ketika A menyentuh saklar K1 atau saklar K2.

Cara praktis menentukan penempatan Saklar K1 dan K2 adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan semua kebel terpasang dengan baik pada papan SMC.
  2. Pasang Steker Stavol pada colokan listrik dan hidupkan Stavol.
  3. Saat A bergerak, tekan saklar K1 atau saklar K2,
  4. Jika A berhenti  bergerak ke arah saklar K1 ketika saklar K1 ditekan, berarti pemasangan nya sudah benar. Sebaliknya, jika A berhenti bergerak ke arah saklar K1 ketika saklar K2 yang ditekan. Berarti pemasangan nya terbalik, tukar kabel G dan Kabel D.

Fungsi Relay.

Dalam keadaan On, Stavol  selalu melakukan penyesuaian tegangan output secara otomatis se irama dengan perubahan tegangan listrik yang masuk. Jika tegangan yang masuk kurang dari 220 Volt, maka Stavol melakukan penguatan ( Step Up ). Demikian pula sebaliknya, jika tegangan yang masuk lebih dari 220 Volt, maka Stavol melakukan pengurangan ( Step Down ).

Pada saat Stavol dimatikan dalam kondisi tegangan listrik kurang dari 220 Volt, maka Stavol siap digunakan pada pemakaian berikutnya dalam posisi Step Up. Jika pada saat Stavol di On kan kembali,  tegangan listrik dalam kondisi tinggi ( lebih dari 220 Volt ). Maka pada Outlet Stavol akan keluar tegangan yang sangat tinggi. Meski pun kejadian tersebut hanya sesaat ( karena Stavol akan segera melakukan penyesuaian ) tapi cukup membahayakan peranti elektronik yang tersambung ke Stavol.

Untuk itulah Stavol Matsunaga diberi rangkaian pelindung tegangan output,  yang terdiri dari sebuah Relay, dan sejumlah komponen yang berfungsi sebagai perata arus ( Adaptor ).




Pada saat Stavol dalam kondisi On, rangkaian ini bertugas menyumbangkan Motor dengan rangkaian pengendali otomatis. Dan ketika Stavol dimatikan, sambungan tersebut diputuskan dan motor disambung kan ke rangkaian adptor. Karena pada rangkaian adaptor terdapat sebuah Elco yang  terus-menerus diberi muatan dengan tanpa beban sedikit pun, maka saat tersambung ke motor, Elco tersebut tersebut masih memiliki tenaga yang cukup kuat  untuk memutar  A dan memastikan Stavol siap digunakan dalam posisi Step Down,  pada penggunaan berikutnya.


Kerusakan Stavol dan cara memperbaikinya.

Trafo Stavol bergetar saat dihidupkan. 

  1. Tegangan listrik yang masuk lebih tinggi Voltase nya dari kemampuan Stavol. Periksa saklar penyesuai Voltase yang ada di belakang Stavol, dan pastikan batas tertinggi Voltase yang direkomendasi kan sudah berada di atas Voltase listrik yang akan digunakan.
  2. Saklar penyesuai Voltase pernah dibuka dan salah dalam pemasangan nya. Cek perkabelannya, dan benahi dengan mengikuti skema trafo yang ada di atas.
  3. Trafo Stavol korslet. Cek kondisi fisik kawat emailnya, bila sudah berubah warna menjadi kehitam-hitaman, kemungkinan besar Trafo tersebut sudah hangus dan tak dapat digunakan lagi.
 
 A  hanya bisa berputar ke satu arah saja.

  1. Motor Rusak, Cek dengan memberinya tegangan DC antara 6V s/d 9V.  Bolak - balik polaritas tegangan yang diberikan, dan pastikan motor dapat berputar ke kanan kiri dengan lancar. Bila motor hanya bisa berputar ke satu arah saja, itu berarti motor sudah rusak ganti dengan yang baru.
  2. Ada Transistor pada rangkaian SMC yang jebol, Uji satu persatu dengan menggunakan Ohm Meter. Ada baiknya sebelum di uji, cabut terlebih dahulu Transistor tersebut  dari papan SMC, agar hasil pengujian nya meyakinkan.
  3. Saklar K1 atau K2 rusak. K1 dan K2 adalah Saklar tipe Push-Button (NC)  yang berfungsi memutuskan sambungan ketika ditekan, dan menghubungkan sambungan saat tidak ditekan. Cek kondisi nya dengan menggunakan Ohm meter X1. 


Demikian, semoga ada manfaatnya.


173 comments:

  1. Mr. HB... mohon tanya, saya pakai stavol merk Power Lite made in Vietnam, 5 kVA. Listrik di rumah saya 2200 watt. Sebelum saya pakai stavol, saya bisa menyalakan mesin cuci (dg air panas) dan AC serta beberapa alat elektronik lain bersamaan. Tapi setelah pasang stavol, mesin cuci sama lampu saja kok meteran PLN nya turun ya (mati listrik)? Saya juga perhatikan selama mesin cuci berjalan, ada beberapa kali jarum Ampere bergerak dari 2 ke 10 atau bahkan lebih (padahal daya 2200 harusnya max 10 A kan ya). Tetapi itu hanya terjadi sekitar semenit, lalu kembali lagi ke 2 A... berkali2 selama mesin cuci berjalan, setelah beberapa kali baru listrik mati (jadi listriknya tidak langsung mati pada saat mesin cuci dinyalakan).
    Staff toko yg menjual stavol sempat saya panggil, menurutnya instalatur yg memasang stavol saya salah instalasi. Karena ada 2 kabel input, tapi hanya 1 output. Tapi setelah saya tanyakan ke instalatur saya, dia bilang itu karena netralnya dari dalam stabilizer sudah digabung. (ga ngerti dia ngomong apaan...)

    Pertanyaan saya:
    1. Ini masalah stavol saya payah, instalasi tidak benar, atau daya saya kurang? Kalau daya saya kurang, knp sebelum pasang stavol tdk apa2?
    2. Kalau saya harus tambah daya menjadi 3500, apakah stavol 5 kVA cukup? Katanya kapasitas stavol sebenarnya hanya 50% dari yg ditulis...
    3. Jika saya tambah daya dan ternyata stavol saya tidak kuat, bagaimana saya tahu? APa listrik mati atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya mohon maaf, tampaknya saya tidak bisa membantu anda. Stavol dengan merek Power lite, belum pernah saya tangani. Tapi sepengathuan saya, Stavolt tidak bisa mengangkat beban sebegitu banyak. Umumnya Stavolt hanya mampu menangani satu beban saja, mekipun daya outputnya besar.

      Delete
    2. salam, pak Mawardi.
      maaf mau tanya soal maksud dari "Stavolt hanya mampu menangani satu beban saja, mekipun daya outputnya besar." itu bagaimana ? apakah tidak bisa menangani tegangan keseluruhan (1jaringan rumah )?

      Delete
    3. Untuk Mr Anonim maaf etika diskusi dalam blog lebih baiknya dikasih nama :) , saya coba bantu Mr Mawardi jawab, Logikanya Stavolt 5KVA= 5000VA akan menggunakan transformator berdaya 1000VA x 5 atau 2500VA x 2 dan itu berarti jika listrik PLN anda berdaya 2200VA tidak akan mencukupi beban kebutuhan trafo stavolt tersebut. Lebih mudahnya, pakailah stavolt berdaya dibawah dari daya PLN anda. Jika sudah terlanjur, stavolt yang sudah ada dikurangi dayanya dengan mencabut salah satu kabel di satu trafo jika memakai 2 trafo atau cabut 3 trafo jika memakai 5 trafo dan seandainya stavolt memakai satu trafo maka anda bisa menaikkan daya PLN menjadi 5500VA dengan begitu MCB PLN anda tidak turun.

      Delete
    4. Sebetulnya stavolt itu bisa dipakai u/ beberapa peralatan listrik asal tidak melebihi kapasitasnya, klau yg tertera di stavolt 1000VA misalnya jumlah total peralatan listrik yg dipakai max. ya 700watt, saya kira riskan skali ya u/ pemakaian stavolt u/ jaringan PLN 1 rumah dan hati2 klau terjadi kortsleting/ hubungan arus pendek, lebih baik misalnya u/ pemakaian listrik 1 kulkas, 2 TV pakai stavolt 500VA, u/ mesin cuci 450 watt & pompa air 200watt pakai yg 1000VA dan seterus dibagi bagi dalam 1 rumah ada beberapa stavolt jadi tidak riskan dgn memasang stavolt yd dayanya tinggi dipasang/ dihubungkan dgn arus meteran/ MCB PLN rumah yg sangat membahayakan, demikian ulasan saya semoga menjadi pencerahan bapak, trims

      Delete
    5. Saya bantu jawab :
      1. Kabel live dan netral dari meteran harus terkonek dengan baik. Posisi kabel netral tidak bisa diganti dengan ground, kalo netral dan ground digabung sebaiknya setelah pasang input ke stabilizer, body stabilizer dicek dengan testpen apakah nyala. Kalo nyala input kabel ditukar posisinya.
      2. Masalah stavolt kuat atau tidak bisa dilihat dari range voltase dan tingkat efisiensi dari stavolt itu sendiri. Kalo range lebar, misal dari 140-250 volt. Maka perbandingan prosentase akan semakin besar. Misal listrik pln drop ke 140 maka stabilizer akan memasok daya yg lebih besar supaya output jadi 220v, nah disinilah peran watt stavolt yang lebih besar. Jadi sebetulnya kebutuhan stavolt itu dihitung dari daya pln dibagi pf x efisiensi trafo. Pf biasanya 0,85 dan efisiensi trafo biasanya 0,7. Misal, listri 1300 maka 1300/(0,85x0,7)= 2184.87 watt. Nilai pf di atas adalah nilai nominal dari pln dan efisiensi trafo tergantung kualitas pembuatan
      3. Sekaligus untuk menjawab poin 2, kalo misal tidak kuat maka yang pertama kali akan trip mcb yang dari pln, sedangkan kalo daya pln masih cukup dan stavol yang tidak kuat maka mcb di stavolt yang akan trip

      Delete
    6. saya sarankan utamakan coli 3x perhari, supaya memasang alat stavol lancar jaya

      Delete
  2. Transistor yg berhubungan dg switch K1 (8550&5401) mungkin perlu diperbaiki gambarnya, cuma salah arah panahnya masuk. lebih tepatnta colektornya harus ke tegangan (B-).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Udi atas koreksi nya. gambar sudah diperbaharui. tp ada satu kesalahan lagi yang kami temukan, yaitu elco yang berhubungan dengan R. Seharusnya kaki negatifnya terhubung ke tegangan negatif, bukan ke ground. dan sudah kami perbaiki juga.

      Sekali lagi terima kasih atas keroksinya.

      Delete
    2. Bagian selector 110/220 juga ada kesalahan coba lihat di skema saat posisi 110 maka kedua outout 110V terhubung singkat. Jika Stavolt ini diaplikasikan pada tegangan 110V pasti akan short dan Trip.

      Delete
  3. Sore mas..saya baru pake stavol matsunaga 3000va made in japan karena tegangan rumahku pada siang hari sekitar 211vac dan pada sore hari sekitar 190vac.Daya listrik dari PLN yg aku pake 900va,itu aman2 aja buat stavol kan?terus yg jadi masalah,tegangan stavol pada siang hari sekitar 230-240vac dan pada sore hari sekitar 250vac.Saya pengin turunkan tegangan output stavol jadi sekitar 220vac,tapi belum tahu cara tuk turunkan tegangannya?tolong dibantu ya..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Frendi, kalau stavol buatan jepang saya kurang begitu paham. tapi biasanya di dalam stavol, pada bagian papan SMCnya. ada trimpot yang bisa di gunakan untuk mengatur tegangan output stavolt.

      Delete
  4. Mas, saya pakai 2 stavol toyosaki yg harganya sama dengan matsunaga beratnya pun sama, saya pakai untuk kulkas, satu lg rencana untuk AC, yg pasti belum pernah dibongkar, ketika dinyalahkan jarum langsung ke kanan ke 220v, anehnya stavol ini jarang sekali jarumnya naik turun, selain yang kemungkinan listrik di rumah saya jarang naik turun, mungkinkah stavol yg belum pernah dibuka2 ini cuma tidak berfungsi sebagai penyetabil voltase, hanya penghantar daya, bagaimana cara mengeceknya mengingat jarumnya jarang naik turun? Mohon nasehatnya. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Reza, untuk membedakan stavol yang otomatis atau hanya sekadar trafo step down saja, cukup mudah. yaitu terdengar suara gir mekanik yang digerakkan oleh motor ( mirip suara robot-robotan yang bisa berjalan ), pada saat dihidupkan. begitu juga pada saat dimatikan.
      Mengenai jarum stavolt, biasanya stavol yang bagus per gerakan jarum nya memang tidak terlalu kelihatan.

      Delete
    2. Thx a lot informasinya mas.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. pak saya punya toroid model nya Servo Motor Control 9 Volt.rencana saya trafo itu mau bikin cas aki yg saya tanyakan untuk tegangan ac 220v saya harus gunakan perkabelan yang mana karena dalam toroid itu tidah ada huruf/tanda 220v yg ada hanya 110v .trus untuk tegangan dc 13v(F) lalu klo untuk 0 nya kabel yang mana ,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas sisno, kabel 220v trafo sebenarnya ada pada trek A ( bagian trafo yang bersentuhan dengan kol ). tapi untuk menghindarkan kerusakan pada trafo, sebaiknya gunakan kabel I ( 0V ) dan kabel B ( 220v out ), untuk input tegangan Trafo. namung jika ternyata tegangan output yang dihasilkan trafo, terlalu tinggi. Gunakan I ( 0v ) dan bagian tengah trek A untuk input tegangan trafo.
      Sedangkan untuk 0v nya 13v. ada pada H , jadi untuk mendapatkan tegangan output 13v, gunakan kabel H dan kabel F.

      Delete
    2. terimakasih penjelasa nya pak klo boleh tahu trafo toroid ini kira2 berapa ampere

      Delete
    3. Kalau dilihat dari diameter kawat nya, sekitar 3 amper.

      Delete
  7. trima kasih infonya nanti rencana nya mau aku bikin cas aki yg kedua krena kemaren aku bikin cas aki pake trafo yg biasa EI

    ReplyDelete
  8. kalau saat stvolt di nyalakan listrik kok langsung mati,kira2 stavolt yg rusak apanyamas mawardi?tolong penjelasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas didik, kalau kasus seperti itu, biasanya trafo nya yang konslet. dan sudah tidak bisa digunakan lagi.
      Tapi tidak ada salahnya kalau di kontrol dulu bagian bagian lainnya, misalnya penempatan sakral voltase nya. apa posisi nya sudah sesuai dengan tegangan listrik yang ada, atau ada hubungan singkat pada kabel kabel yang ada di dalam stavol.

      Delete
    2. makasih banyak mas.....sekarang kalau stavolt di nyalakan engkol gk bergerak sama sekali itu apanya ya mas...????

      Delete
    3. padahal sudah saya ganti TR nya semua kok gak ada perubahanya...sebelunya makasih banyak mas

      Delete
    4. mas mawardi yang baik.kalau K1 dan K2 di paten terus engkol di setel manual 220 volt apakah itu berbahaya....???trimakasih

      Delete
  9. Assalamu'alaikum mas Mawardi... saya mau tanya tentang apa yang saya harus lakukkan...
    Listrik di Warnet saya klo dari magrib sampai jam 10-an tidak stabil sehingga komputer saya dibuatnya Restar secara acak... klo dari orang pln bilang sich itu spaning ... tapi di warnet saya ada sebagian pakai stabilizer dan ada yg tidak ...tetapi klo dari buka warnet sampai magrib tidak pernah restart komputer di warnet... apakah yang harus saya lakukkan..?
    1) apakah harus gunakkan stabilezer ...? stbilizer apa yang bagus..?
    2) apakah harus tambah daya...?
    3) apakah harus memperbaiki jaringan listrik saya..?
    mohon penjelasannya..? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Mau tanya om. Stavolt saya Matsunaga tipe svc-1000. Dari waktu beli, pas dinyalain selalu naik ke 220 trus turun ke sekitar diatas 100. Tapi sejak kemaren, jarumnya selalu diem di angka 220. Jadi abis bunyi naek, gak ada bunyi turun lagi. Apa ini artinya udah rusak dan harus beli baru lagi? Mohon pencerahannya om..

    ReplyDelete
  11. mas, kalau untuk cek stavol masih bagus atau tidak, gimana ya mas ?

    ReplyDelete
  12. Mas mw tanya klo untuk lab komputer yg isinya ada 30 unit komputer, saya harus pke stabilizer yg brp volt?

    ReplyDelete
  13. Mau tanya nih , efeknya apasih om klo kita taruh itu stavol deket2 perangkat Eltrnc yang lain?? .dgn speakr,print,lptop dll. mklum tempat ane terbtas

    Makasih.

    ReplyDelete
  14. nice blog... mantappp jempoll, salam kenal

    ReplyDelete
  15. salam kenal Pak Mawardi,
    postinga yang sangat bermanfaat pak, saya sebelumnya juga beberapa kali memperbaiki stavolt matsunaga dan matsunagata. sering rusak yang transistor 8550 dan 8050, saya mau bertanya :
    1. bagaimana melepas gear dari shaft motor 12v nya pak? soalnya brush dari motor stavolt saya sudah aus, dan sudah pernah saya ganti hanya brush nya saja, tapi bberapa har sudah rusak lagi,karena pemasangannya sulit. pernah saya congkel gear dari motor,tapi malah pecah gearnya.
    2. untuk stavolt matsunaga memang bagus pak karena apabila saklar di offkan maka posisi A berada di normal 220v input. tapi saat setelah saya ganti ke-4 transistornya kok malah tidak kembali ke normal 220v pada saat saklar dimatikan (tidak berputar motornya apabila saklar on-off stavolt di matikan)
    terimakasih pak

    ReplyDelete
  16. siang mas.. stabilizer saya bermasalh mas.. arus nya masuk.. lampu power pada sklar mnyala.. tapi knapa arus nya kagak kluar y?? mks sblumnya..

    ReplyDelete
  17. ass,
    mau minta solusinya, saya punya stavolt DENKYU model DK 500N, masalahnya tegangan outputnya 250 volt tetapi jika di kasih beban outputnya turun sampai 240 volt, apa tidak maslah?? seharusnya output 220 volt.
    terima kasih

    ReplyDelete
  18. gan mau nanya kalok engkol slalu kearah kanan sampai menyentuh swit itu kenpa ya....kl TR pad stavol itu serinya apa ya gan kan ada 4 mohon infonya mkasih

    ReplyDelete
  19. Mas Jarum di Stavol Matsunaga SVC-1000 saya tidak tepat berada di angka 220 V (Kurang) Jarumnya berada kurang 1 garis dari angka 220 .
    Bagaimana mengaturnya agar tepat di angka 220V Terimakasih

    ReplyDelete
  20. Met Pagi Om....Mo tanya...saya punya " Matsunaga Stavol " SVC 500 N..sama seperti trit Om ini...knapa ya putaran yang ada carbon brush-nya/engkol naik turun terus...padahal saya sudah mengganti Transistor final S8550 (pnp) , dan S8050...solusi selanjut nya apa ya Om agar tidak turun naik lagi pada engkol/jarum-nya....makasih Om sebelumnya...!!!

    ReplyDelete
  21. mas bro, mau tanya,. apakah stavol yg 1000N bisa dipakai untuk sound sistem?
    trm kasih

    ReplyDelete
  22. perkiraan sementara input dari kumparan trafo yang di titik = 12V, 0V, 12V
    mungkin rusak. nah gimana cara cek nya dengan avo meter? pakai skala V AC dan Kabel Avo merah ( + ) ke 12V , Kabel Avo hitam ( - ) ke 0 V. Bener gak?

    ReplyDelete
  23. mas bro, mau ikutan nanya nhe;
    sy jg punya Stavolt yg sm dgn yg mas bahas di atas, permasalahannya pada saat dinyalakan sama sekali tidak ada reaksi pada motor, sbelumnya prnah terjadi kebakaran elemnt yakni elco:25v33mf dan Transis: 5551 jg 5401 kmdian d ganti, tetapi output keluaran voltase tdk mencapai 220 meskipun tlah di atur, saat ini stavolt sy kembali tidak berfungsi.

    ReplyDelete
  24. jika kern di ambil untuk membuat travo toroid step down 5A 45 vct bisa gk Pak?? ada rumusnya gk??

    ReplyDelete
  25. salam, gan stavol sy juga merk matsunaga.. pertama sy nyalain stavolnya bunyinya pasti berisik tapi kenapa sekarang gak ada bunyinya? apa stavol saya rusak? atau bagaimana? padahal indikatornya nyala ke 220 v tolong informasinya gan..

    ReplyDelete
  26. Jempol om artikelnya alhamdulillah q sukses untuk pertama kalinya baikin stavol 1000 wat dgn mrlihat skrma2 di atas trmksh om

    ReplyDelete
  27. mohon maaf mas yg punya blog masih ketiduran......

    ReplyDelete
  28. permisi,kalau stavol matsunaga 500n tegangan input dan outputnya sama 150vot itu yang rusak apanya ya?
    engkol tidak bisa bergerak,trgangan ac tidak masuk ke rangkaian..

    ReplyDelete
  29. Misi mas stavol matsunaga svc3000n memutar ke 1 arah saja saya cba gnti tr ttp ajah memutar 1 arah .. mohon solusinya
    Maksih

    ReplyDelete
  30. pak saya mau tanya, saya baru beli stavolt baru beberapa hari sudah error dan setelah saya buka ternyata penyebabnya motornya hanya bergerak satu arah, menurut bapak apa penyebab kasus seperti itu?

    ReplyDelete
  31. Mau nanya gan, saya punya stabilizer kapasitas 5KVA kern nya terbakar. dimanakah saya bisa membelinya ?

    ReplyDelete
  32. pagi Mas, saya mau tanya rangkaian elektronika untuk stabilzer nya?

    ReplyDelete
  33. sore mas
    saya mau tanya
    saya punya stavol merk oki 3000kva
    tegangan di rumah saya cuma 90 v
    jika saya hidupka stavolt tengan out put stavol malah turun/servo motor tidak mau naik atau malah turun.saya malahjadi bingung dengan masalah ini
    harusnya bisa naik sampai 140 v ini tengan malah turun..
    mohon penjelasannya.terima kasih.

    ReplyDelete
  34. Siang Mas...
    Saya telah memakai stavol matsunaga star 500N selama 10 tahun, apabila memakai komputer (frekuensi jarang pakai). Kemarin itu, stavol habis dipakai lupa dimatiin selama 24 jam. sepertinya ada yang terbakar (ada bau hangus). walaupun masih bisa nyala tetapi jarum tetap menunjuk 220. mohon petunjuk komponen apa yang harus diganti? makasih

    Johni

    ReplyDelete
  35. Pak kalau setavol tidak bergerak sama sekali,walaupun tegangan berubah ubah,apanya itu pak,bergeraknya kalau pas di matikan saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba digelitik,, mgkn mau gerak gerak

      Delete
    2. Mas saya minta tolong
      Gimn y cra ngerombak regulator matsu naga 3000watt jaman menjadi cas batrey

      Delete
    3. Iya sama dengan pikiranku, kalau ide saya trafo toroit diambil dan disisakan gulunganannya saja.Cari kedua ujung kumparan toroit, dimasukan ke tegangan PLN 220 V. Sedangkan brustel akan menjadi output. Kita ambil salah satu tep menjadi titik 0 Volt, bila brustel diarahkan mengarah mendekati titik 0 maka tegangan output diperkirakan turun, jika menjauh dari titik 0 tegangan output akan besar.kalau dapat 12 v maka dapat disearahkan dengan kuprok. Tapi saya belum coba hanya sebatas konsep.

      Delete
  36. Mas... saya punya stavolt 1500va, engkol nya sering putar ke kiri dan kanan dgn cepat dan jarum voltmeternya naik turun dr 0 - 220 dgn cepat pula, kira2 rusak apanya ya mas??

    ReplyDelete
  37. maaf jika salah, input diode bridge seharusnya ke 9V 9V bukan ke 9V 0V dan GND seharusnya ke 0V bukan ke 9V

    ReplyDelete
  38. Mas mau nanya apakah pakai stavolt matsunaga yang 5000sementara listrik PLN saya cuma 900.apakah ada pengaruh negatif tentang listrik baik PLN atau Satvolt itu sendiri..di tuggu jawabannya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. namanya besar pasak dari tiangnya Oom....pasti PLN njegleg....MCBnya.

      Delete
  39. Saya ada stavolt matsunaga menggunalan tr D864 dan tr B765,trnya rusak.tapibsulit cari penggantinya.minta bantuan persamaan untuk tr trsebut.terimakasih

    ReplyDelete
  40. Saya ada stavolt matsunaga menggunalan tr D864 dan tr B765,trnya rusak.tapibsulit cari penggantinya.minta bantuan persamaan untuk tr trsebut.terimakasih

    ReplyDelete
  41. Met siang Pak Mawardi, salam kenal. Saya sedang memperbaiki Stavol Matsunaga SVC-3000N, roda gigi di servo motornya ada kalah, roda gigi dalam blok juga ada yg kalah. Apakah Bapak ada menyimpan part tersebut. Saya berniat hendak membelinya. Terima kasih

    ReplyDelete
  42. Stavol SVC 500 N bisa dipakai utk lemari es ga?

    ReplyDelete
  43. Pagi Mas
    saya mau tanya
    saya punya stavol merk oki 3000VA soft start.
    tegangan di rumah saya cuma 90 volt (volt meter yg di stavolt).saya malah jadi bingung setelah sy coba bersihkan kumparan dan jg pcb serta sy resolder kaki transistor TIP42C yg longgar, kemudian sy hidupkan stavolt dan voltmeter bergerak melewati 250volt. Login pencerahannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 90 volt rasanya tidak mungkin karena peralatan listrik seperti lampu kemungkinan besar tidak akan bisa menyala. Jika maksudnya listrik rumah adalah 190volt kemudian out stavolt adalah 250v, bisa dicoba dengan mengadjust/menyetel VR (variable resistor/trimpot) yang ada di rangkaian stavolt tersebut dengan cara memutar pakai obeng minus kekiri atau kanan sehingga didapat voltase out yang diinginkan (220v). Semoga membantu

      Delete
  44. Terimakasih banyak atas artikel yang sangat gamblang sekali penjelasannya sehingga akhirnya stavolt saya yang mangkrak akhirnya ada yang bisa saya hidupkan kembali berkat adanya skema dari sini.
    Mohon ijin untuk memuat artikel ini di blog saya ya om :)

    ReplyDelete
  45. Mas kalo saat stavol di on,,,lampu nyala tapi motor tidak bunyi ngeluarin suara,,pukul dikit di bodinya baru motor berputar

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilumasi aja gear2 motornya kemunginan kotor...juga as rotornya di beri lumasan oil.

      Delete
  46. Pak Brow, tanya donk... saya pingin bikin stavol, tetapi bisa baca tegangan input listrik minimal 40 vac, caranya gmn ya??

    ReplyDelete
  47. Trims....akan saya coba, doakan berhasil

    ReplyDelete
  48. Trims....akan saya coba, doakan berhasil

    ReplyDelete
  49. Bagaimana caranya mengetahui kalau gulungan stavolt tidak ada tanda/labelx

    ReplyDelete
  50. pak mw tanya, saya punya stabilizer, dicolokin ke PLN mati, tpi saya coba tes outputnya pakai tespen ko' 2 lubang nyala semua, itu knpa ya pak?....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dirangkaian PCBnya kemungkinan ada Transistor yg short, dioda short, R yg trbakar, atau kepala brush yg lekat/nekan saklar K-A/A-K.

      Delete
  51. Menarik sekali, pak misal stavolt 1000watt apakah bisa di tingkatkan menjadi 2000watt, bila bisa bagaimana caranya, mohon pencerahany. Thax

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti trafonya agar bisa meningkatkan arus yg dihasilkan trafo

      Delete
  52. Numpang ....cari ilmu he he ...
    Saya punya stavolt merk matsunaga 1000 watt awal nya bagus tdk ada kendala setelah di pakai beberapa tahun gir pada motor penggerak nya aus ..yang sy tanyakan bisakah gir kecil ltu di ganti dan kalo bisa si mana harusmembeli nya trima kasihhhh

    ReplyDelete
  53. Yth. Bpk. Mawardi,

    Mohon tanya:
    1) Apakah Stavol Matsunaga type: SVC-1000N efektif bila digunakan untuk air conditioner (AC) setengah P.K.?
    2) Saya punya active speaker ALTEC Lansing yang sub woofer nya menngeluarkan bunyi dengung apabila di-"ON" - kira-kira dimana masalahnya atau kerusakannya? Apakah bisa diperbaiki?

    Terima kasih untuk jawabannya.

    Salam,
    A. Santoso

    ReplyDelete
  54. Ini kayaknya Matsunaga palsu, kalo lihat wiring diagram controlnya

    ReplyDelete
  55. Ini kayaknya Matsunaga palsu, kalo lihat wiring diagram controlnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf Kak Kolis sebelumya, Bpk kelihanya sudh paham betul tentang setavol...... he he he
      ini mau numpag nanya pak
      saya punya stavol 1000Va setelah saya buka ternyata Trafonya kebakar/hangus, tapi SMCnya masih kelihatan bagus. Setelah saya membaca artikel Bpk, saya jadi ingin melilit ulang...
      yang ingin saya tanyakan berapa ya jumlah lilitan dalam dan jumlah lilitan luarnya... karna waktu bongkar kelupaan ngitung ...
      terus lilitan dalam dan luar arah ngelilitnya searah apa bolak balik ya pak....
      Mohon jawabanya ya pak kolis
      sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasi

      Delete
    2. Jembut kurang kerjaan beli aja beres apa ga punya duit ?? kerja ga ??

      Delete
    3. Lilitan searah jarum jam semua,rumusnya sama kaya rumus trafo teroid pada umumnya,maaf anonymous jaga lah tatakrama dan sopan santun,dia,saya semua pingin belajar bisa dan punya ilmu,skil,bukan masalah duitnya dan kerja dan tidak kerja,apa dalahnya kalo orang bertanya karena belum ketauannya

      Delete
  56. Yth. Bpk Mawardi, Cs

    Mohon bagi2 ilmunya ya....
    saya punya stavol 1000Va setelah saya buka ternyata Trafonya kebakar/hangus, tapi SMCnya masih kelihatan bagus. Setelah saya membaca artikel Bpk, saya jadi ingin melilit ulang...
    yang ingin saya tanyakan berapa ya jumlah lilitan dalam dan jumlah lilitan luarnya... karna waktu bongkar kelupaan ngitung ...
    terus lilitan dalam dan luar arah ngelilitnya searah apa bolak balik ya pak....
    Mohon jawabanya pak....
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

    ReplyDelete
  57. Malem gan... mo nanya pcb stavol matsunaga svc 10kVA.itu R yg samping elco 35v kbakar. kira" R itu ukurannya berapa ya gan??
    Trimakasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  58. stavol saya waktu dimatikan engkolnya tidak berputar menyentuh swict kira2 normal tidak para agan2 sekalian? klo tegangan normal bisa menyesuaikan cm wkru dimatikan tidak beroutar hanya diam di tegangan waktu nyalanya?

    ReplyDelete
  59. Mas saya mau tanya saya punya stavol yg carbon brassnya patah sedangkan carbon brassnya paten dg engkolnya dimana toko yg menyediakan alat tsb trim's

    ReplyDelete
  60. klo trafonya yang kebakar/hangus ada gak yang jual trafonya saja,mohon pencerahannya,,???

    ReplyDelete
  61. Makasih skemanya mas, jadi bisa servis sendiri

    ReplyDelete
  62. Maaf sy mau menayakan habis di servis. Normal cuma ad yng kurang pas. Pertama normal tp stlah seharian motor ga brgrarak walawpun sklar power di hidupkn/d matikn. Tp stlah di puter dngm tangan motor normal kmbali. Apakah onyebabya trimakasih

    ReplyDelete
  63. Mw tanya punya saya kan motornya mati. Setelah di ganti A nya gak mau berhenti gerak kekanan kiri. Mrmbuat out gak stabil. Itu msalhnya apa

    ReplyDelete
  64. Dimanakah dapat membeli kumparan stabil 5000N , kandungan saya mungkin tetbakar

    ReplyDelete
  65. Siang pak mo tanya.stabilizer matsunaga saya.ou output klo saya ukur malam teg228volt,input dari pln 204volt.pada pagi hari saya ukur diangka 217volt dngan input pln 198volt.apakah stabilizer saya normal adanya perbedaan output antara malam dan pagi.bagaimana cara nya buat output pasdi angka 220volt.saya pernah adjust di vr/trimpot nya tapi tetap saja ada perbedaan output stabilizer antara pagi dan malam.

    ReplyDelete
  66. Replies
    1. Woi ga boleh ngomong jorok PELER begitu !!

      Delete
  67. Assalamu alaikum pak... Saya punya persis yg di ulas diatas...cuma seperti sdh susah untuk di perbaiki karena gigi yg nempel di motor sdh pada ompong...maksud saya begini..mungkin ada petunjuk untuk di jadikan step down saja mengingat tegangan di tempat saya relatif stabil...makasih banyak sebelumnya...
    Hajar Sas Makasar

    ReplyDelete
  68. Assalamu alaikum pak... Saya punya persis yg di ulas diatas...cuma seperti sdh susah untuk di perbaiki karena gigi yg nempel di motor sdh pada ompong...maksud saya begini..mungkin ada petunjuk untuk di jadikan step down saja mengingat tegangan di tempat saya relatif stabil...makasih banyak sebelumnya...
    Hajar Sas Makasar

    ReplyDelete
  69. Selamat siang stavol sya kalau sya putar VR nya (1K) ke kiri lengan engkolnya ga mau naik tapi kalau VR nya saya putar ke kanan lancar turun dan kalau saya hidupin dan matiin lama2 lengan engkolnya menyentuh swict yg dibawah, udah saya tes motornya normal, udah saya ganti VR nya ga ngaruh, sya ganti juga semua TR nya dan relay nya plus elko yg paling besar 4700 uF nya dari 16V saya ganti 35V juga ga ngaruh cuma bergerak dikit banget keatas kayak ga punya tenaga ....

    ReplyDelete
  70. Assalamu'alaikum min... Saya mau tanya ne... Saya punya stavolt matsunaga 1000n made in china,saya gunakan buat TV led & Kulkas 2 pintu...jarak antara tv & kulkas -+13 meter,sedangkan stavoltnya saya taruh di dekat tv,otomatis saya menggunakan kabel lagi untuk menyambungkan kulkas ke stavolt sekitar 13 meter... Yang jadi pertanyaan saya...Amankah menggunakan kabel sepanjang itu dari stavolt ke kulkas? & Apakah bisa merusak stavolt/kulkas sebab jauh tersebut? Makasih min... Maaf pertanyaannya sangat tidak berbobot, maklum min saya kurang paham masalah listrik😅

    ReplyDelete
  71. Pak saya mau nanya saya punya stavol 1000 vol, jarum dan lampu powernya nggak nyala, tapi autputnya keluar biasa setelah diukur 220, bagaimana cara ngeceknya pak.....untuk volt meternya agar bisa berfungsi

    ReplyDelete
  72. Assalamualaikum pak mawardi
    Saya ingin bertanya saya mempunyai stavolt matsunaga 500va,setelah saya hubungkan dengan AC 1PK dan TV LED tiba2 keduanya mati,terus saya cek stavoltnya sakelarnya bisa hidup tapi tidak ada output tegangannya setelah di cek pakai AVOMeter,kira2 itu yang rusak apanya ya pak,mungkinkah fuse nya atau komponen lain,mohon dibantu ya pak,terima kasih

    ReplyDelete
  73. Assalamualaikum.. Mohon bantuannya, ane punya matsunaga stavol svc 1000n, kendalanya ada resistor dekat trimpot yg hangus dan tak terbaca nilainya. Tolong bagi yg punya skema rangkaian avr dengan tipe diatas ane minta dikirim gambar atau fotonya ke email.. Farsyaalmahfudz@gmail.com

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  74. Please I am looking for the cct diagram of SVC-500N AC AVR. Anyone can help please contact me or send diagram to me please.

    ReplyDelete
  75. om ane punya AVR seri IP-800 output 240V, setelah saya test outputnya 230V dan saya cuba adjust didalamnya gk bisa pas output 220V, apakah tidak masalah bila ouput 230V dipake untuk listrik dirumah? infonya y om....

    ReplyDelete
  76. Stavol saya kok terukur mentok di 190v outputnya padahal input terukur 225v,dulu normal output selalu 220v kenapa ya????

    ReplyDelete
  77. Halo gan saya punya stavolt merk krisbow .... Pada kerusakan nya ..... saat Dinyalakan mcb dari kwh mtr langsung turun..... Kira ~kira bagian apa nya yg rusak gannnn......? Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  78. Aslmlkm. mohon bantuanya
    stavolt saya merk Toyosaki 1000va, semalem dipakai masih normal, pas paginya saya nyalakan kok ga spt biasanya ga ada suara putaran motornya, sy coba buka dan nyalakan lagi ternyata engkol memang tdk berputar, output voltase sama dengan inputnya yaitu 190 volt, sy coba cek sana sini ngikuti panduan yg ada di internet. dan semua komponen ternyata bagus tp arus DC yang ke motor penggerak engkol tidak ada... saya coba kesumbernya yaitu input ac yg sudah 12 volt yg masuk ke PCB kontrol..ternyata ga ada juga arusnya... kira2 apanya ya gan ..Terima kasih sebelumnya atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas teguh mohon maap kalau salah...
      Kemarin ounya saya jg persis.
      biasanya yg putus lilitannya yg dari ac pln. Coba pakai tester nyambung ga. Harusnya nyambung tapi ga mentok amat. Kalau itu putus arus dc 9v 0 9v atau 12v o 12v ga keluar arus dcnya.
      Kalau putus didalam ya harus bongkar. Atau tnggu bang mawardi pawangnya saj...he he

      Delete
  79. tanya mas,,,stavol saya model spt di artikel ini berbunyi terus menerus tampa henti apa ya penyebab nya?

    ReplyDelete
  80. maaf bos klo mau beli dinamo rotatornya di mana ya...tolong dong butuh banyak ni ....hp saya ni ...tolong di ehap ya jarang ol

    ReplyDelete
  81. Maaf kang apakah skema rangkaian servo ini bisa di gunakan ke stavolt 5000va?

    ReplyDelete
  82. Ass... wahai anggota group adakah yg bisa membantu memecahkan masalah stavol merk oki 3000 va yg arang atau carbon brushnya aus kira kira gimana nyari persamaannya, sy udah cari ditoko2 listrik gak ada yg jual, mohon info dan petunjuknya yahh mksh

    ReplyDelete
  83. kable banyak yg putus, gmn nyambung nya, yg pertama dari cop kontak, dan yg ke 2 dari tengah atas yg kaya kiprok, tolong bantu jelasin jalur jalurnya ter

    ReplyDelete
  84. Malam pak mawardi, stavol matsunaga saya dirumah outputnya dibawah 220v itu kenapa ya, apanya kira-kira yg rusak?
    Thanks sebelumnya.

    ReplyDelete
  85. Kalau boleh tanya, yg dri out travo 9V (atau yg 12V) bukannya yg di groundkan itu yg 0V? Sedangkan 9V keduanya masuk ke dioda pnyearah. Sehingga outnya nanti bisa mnghasilkan +9V dan -9V?

    ReplyDelete
  86. Punya stavol matsunaga svc-1000N dihidupkan motor bergerak ke kiri.ga bisa balik lagi. Switçh bagus. Tramsistor B649 sama D669 baru di ganti. Hasilnya masih tetap mtr bergerak ke kiri. Tlg dong solusinya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kasus serupa....motor pengerak sudah indikasi mau balik tapi kaya gak kuat,dan jarum penunjuk baik waktu hidup/mati di posisi 230....semoga ada yang berkenan kasih solusi

      Delete
  87. Saya punya trafo jenis induksi biasa ( bukan trafo donat ).
    Pada sisi primer tertulis 110 volt dan 230 volt.
    Pada sisi skunder tertulis 110 volt, 220 volt dan 240 volt.
    Saya mau tanya, bisa gak trafonya dibuat stavol atau penstabil tegangan 220 volt ??
    Caranya bagaimana ya, adakah skema atau rangakain utk membuatnya.
    Terima kasih. 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  88. Adakah skema atau rangkaiannya gan??
    Thanks..

    ReplyDelete
  89. gan coba dicek kembali yang nomer
    4. Skema PCB Servo Motor Control ( SMC ) 12 Volt.

    ReplyDelete
  90. Paak mau tanya kalo stavol di ubah ke cas aki yg outnya ke aki bisa lebih 100volt keatas bagaimana ya rangkaiannya...
    Mksdnya cari kabel arus AC ke listrik dan kabel DC ke aki..
    Mohon petunjuknya

    ReplyDelete
  91. Hallo MR.HB elektronik salam kenal saya pya stavol merek oshima svc 10kva rangkaian step up dound nya rusak bisa di perbaikin di bapak tdk ya pa

    ReplyDelete
  92. Pak kl saklar on off rusak apa bisa diganti dan dmn alamat utk beli saklar ini terima kasih

    ReplyDelete
  93. Bisa minta no tlp/wa nya boss,maukonsultasi perangkat listrik,trims.

    ReplyDelete
  94. Pak Krishna daniswara bisa japri ga?

    ReplyDelete
  95. Class College Education training Beauty teaching university academy lesson teacher master student spa manager skin care learn eyelash extensions tattoo spray

    daythammynet
    daythammynet
    daythammynet
    daythammynet
    daythammynet
    daythammynet
    daythammynet
    daythammynet
    daythammynet

    ReplyDelete
  96. Mas maaf tanya untuk transistor S8050 dan S8550 di ganti TIP42C dan TIP41C bisa gak?

    ReplyDelete
  97. Bapak, saya mau tanya stavolt saya matsunaga SVC-1000F ketika di colok ke setrum PLN langsung jeglek (KWh) turun. Kira-kira kendalanya dimana? Mohon bantuannya, semoga ilmu anda bisa menerangi di kehidupan anda sekeluarga.

    ReplyDelete
  98. Makasih banget..sangat membantu.

    ReplyDelete
  99. Taxitaithanhhung.vn - công ty cung cấp giải pháp chuyển nhà trọn gói tại Hà Nội. Với mong muốn mang đến cho quý khách hàng dịch vụ vận chuyển nhà tại Hà Nội tốt nhất. Đội ngũ nhân viên chuyển nhà trọn gói Thành Hưng chuyên nghiệp, hệ thống xe tải với số lượng lớn, chúng tôi tự tin cam kết mang đến cho quý khách hàng 1 dịch vụ tốt nhất!

    Từ khóa chuyển nhà Hà Nội - công ty cung cấp dịch vụ chuyển nhà Thành Hưng:

    #chuyennhahanoi #chuyennhataihanoi #dichvuchuyennhahanoi #dichvuchuyennhataihanoi #dichvuchuyennhathanhhung #chuyennhatrongoithanhhung #chuyennhatrongoihanoi #chuyennhatrongoitaihanoi #donnhathanhhung #donnhatrongoihanoi #chuyennhagiarehanoi #dichvuchuyennhagiarehanoi

    https://visual.ly/users/chuyennhathanhhung/

    https://www.pearltrees.com/chuyennhathanhhung

    https://500px.com/chuyennhathanhhungvn

    https://dashburst.com/chuyennhathanhhung

    https://ko-fi.com/chuyennhathanhhung

     

    ReplyDelete
  100. Trimpot pada matsunaga svc 1000 fn dimana yah pak? Saya ada beli stavolt matsunaga 1000 watt.. tapi dayanya ga bisa 220 volt yang outputnya..

    ReplyDelete

  101. Thietkenhadepmoi.vn - công ty thiết kế nhà đẹp uy tín. Thiết kế nhà - thiết kế nhà đẹp mới - thiết kế thi công nhà đẹp - thiết kế xây dựng nhà đẹp - mẫu nhà đẹp mới. Tổng hợp các mẫu nhà mái thái đẹp - mẫu nhà phố đẹp - mẫu biệt thự đẹp sang trọng.
    Liên hệ ngay với công ty Thiết kế nhà đẹp mới để được tư vấn và báo giá miễn phí!

    Từ khóa thiết kế nhà đẹp mới :
    #thietkenhadepmoi #thietkenhadepmoivn #thietkennha #thietkennhadep #maunhadepmoi #thietkennhadepmoi #thietkennhauytin #maubietthudep #maunhamaithaidep #mauthietkenhadep #thietkexaydungnhadep #maunhaphodep #congtythietkenhadep #thietkethicongnhadep #thietkexaydungnhadep #maunhadepmoi #maunhamoi #xaydungnhadep #congtynhadep

    https://www.wishlistr.com/thiekenhadepmoi
    https://ko-fi.com/thietkenhadepmoivn
    https://weheartit.com/thiekenhadepmoivn
    https://www.deviantart.com/thietkenhadepmoivn
    https://masthead.social/@thietkenhadepmoivn

    Website: Thietkenhadepmoi.vn

    ReplyDelete
  102. Slamat malam pa...mohon pencencerahannya...kalau stavol tiba 2 brdengung...sbelumnya tidak berdengung...apa yg mula 2 di cek...trims pa...

    ReplyDelete
  103. Pa...mohon pencerahannya ...jk tiba2 stavol matsunaga 15000 va rdengung...sbelumnya tidak...trims

    ReplyDelete
  104. Ukuran kawat nya dong kakak..🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  105. Ukuran kawat nya doong mass....🙏🙏🙏
    trimakasih.🙏

    ReplyDelete
  106. Saya mohon bantuan nya, stavol saya 2200 VA, tapi terkadang saat di hidupkan langsung membuat mcb jegleg walau kondisi tanpa beban, tapi terkadang hidup normal dan di berikan beban juga tidak ada masalah. Mohon info nya kemungkinana short nya di mana? Kalau misal itu gulungan bisakah dinperbaiki sendiri? Terimakasih

    ReplyDelete
  107. Maaf om,,k1 dan k2 sklar swictnya posisi No ap Nc nya yg di pasang,,maaf masih pemula

    ReplyDelete
  108. Maaf pak mau tanya... saya punya stavol matsunaga svc 3000 f , kalau di hidupkan listrik rumah langsung trip... yang rusak apanya... mkasih

    ReplyDelete
  109. mr. hb,
    apakah bs bantu deskripsikan pengkabelan ( cable mapping) w d g dan nc no com (micro switch limit) ?
    pada diagram kurang jelas.
    apakah kabel com1 dan com2 digabung?

    W - com saklar 1 + com saklar 2
    D - nc saklar 1
    G - nc saklar 2

    ?

    terima kasih

    ReplyDelete
  110. PetAddict.net - The best place where you can find everything about your pet! \n Name: Pet Addict \n Email: petaddict.net@gmail.com \n https://profile.hatena.ne.jp/petaddict/profile \n https://app.gumroad.com/petaddict \n Hastag: #PetAddict, #PetAddictnet, #DogPetAddict, #CatPetAddict, #RabbitPetAddict, #FishPetAddict, #BirdPetAddict, #ReptilePetAddict, #SmallPetPetAddict, #OtherPetPetAddict, /m/068hy, /m/0bt9lr, /m/01yrx, /m/06mf6, /m/0ch_cf, /m/015p6, /m/06bt6, /m/06dmvr, /m/0jbk

    ReplyDelete
  111. Autodesk Fusion 360 Crack
    Autodesk Fusion 360 Crack is the best tool that use to make the design and get any kind of construction process. Therefore, this tool used to produce any kind of process and using the software

    ReplyDelete
  112. Camtasia Studio 2021 Crack
    Camtasia Studio 2021 Crack is used to make different and innovative videos in a short period of time. On the other hand, all of the professional people are adopting this application. So, peoples are able to make the videos and directly put on the social media in a couple of seconds

    ReplyDelete
  113. ESET NOD32 Antivirus 14 Crack
    ESET NOD32 Antivirus Crack is an Antivirus software that provides essential safety to gamers, high-level PC users, and for alow PCs. Further, this is fine-tuned to support devices for your gaming and other activities like streaming videos, pictures, or documents.

    ReplyDelete
  114. FlixGrab 1 Crack
    this application helps you to download the series which you want. Flix Grab supports full HD formats, such as 1080 HD. While it also loads the downloads which are also loaded in your list.

    ReplyDelete
  115. Final Cut Pro Crack
    Final Cut Pro Crack is the newest model of application and can be constructed for that brand-new CPU. And, the GPU arrives with Mac Book’s to manage their performances.

    ReplyDelete
  116. Driver Booster Crack
    Driver Booster Crack The developing purpose of this software is to maintain your system. It manages all driver problems of your hardware component.

    ReplyDelete
  117. Adobe Acrobat Pro DC Crack
    Adobe Acrobat Pro DC Crack is the tool that use to create and edit all kinds of smart PDF docs.

    ReplyDelete
  118. Driver Booster Pro Crack
    Driver Booster Pro Crack is the simple driver update software. Mostly use for updating the driver of the window.

    ReplyDelete
  119. VueScan Pro Crack
    VueScan Pro Crack is software that is very useful in scanning the different processes. You can browse the different pictures of different types of documents with an easy process.

    ReplyDelete
  120. Adobe Photoshop CC Crack
    Adobe Photoshop CC Crack This is a superior imaging software by Adobe. That uses by artists, web experts, video makers, and photographers.

    ReplyDelete
  121. https://crackxpoint.com/mobaxterm-professional-crack/
    MobaXterm License Key extends to you a high number of system programs along with beneficial Unix controls in one program. To earn an association with your host through SSH, an individual may readily try so on account of the graphical SFTP internet browser which could ease an individual at the optimal approach.

    ReplyDelete
  122. https://www.thecrackbox.com/flixgrab-key-29-july-2021/
    FlixGrab Crack has turned into really the best and well-used tool when it comes to downloading material. While, as a result of Netflix. Even as we understand, Netflix can be a renowned internet site that’s the system for catching.

    ReplyDelete
  123. https://licensekeysfree.com/adobe-illustrator-cc-crack/
    the users can also use the brush tool very easily and it will give you the ability to make custom. Therefore you will be able to use the brushes for the art, bristle, calligraphy, scatter and pattern.

    ReplyDelete
  124. https://activationkeysfree.com/aida64-crack/
    AIDA64 Extreme 2021 Crack is the utility that is a powerful tool for identifying all the testing of the virtual components. In addition, it uses to run the operating system and windows that give you detailed info from there. While all the hardware and use to software.

    ReplyDelete
  125. https://crackxpoint.com/smart-game-booster-crack/
    Be a simple and productive game marketing utility, crucial for every player that wishes to play a smoothly game. Aid enhance FPS and enhance chip performance to your optimal gaming effectiveness, eradicating unnecessary gambling procedures and software with one click

    ReplyDelete